APA?? Kantong Plastik Seharga Honda Sonic dan Satria FU

Sangat mengejutkan sekali, kantong plastik seharga Honda Sonic dan Satria F, pemerintah dan pemerhati lingkungan kini tengah gencar meminimalisir penggunaan tas kresek. Keadaan lingkungan di Indonesia, khususnya di kota-kota besar memang semakin memprihatinkan.


Dengan cara menggelar program berbayar untuk setiap penggunaan atau pembelian kantong plastik, diharapkan masyarakat kita bisa mengendalikan penggunaan kantong plastik. Sayangnya banyak masyarakat kita yang tetap tidak peduli dan tetap menggunakan kantong plastik.
Namun, berbeda dengan di Inggris. Di negara tersebut, konsumen dilarang menggunakan plastik baru dari sebuah pusat perbelanjaan lebih dari lima kali. Jika konsumen ketahuan telah lima kali menggunakan plastik baru, maka harga barang yang dibeli akan dibebani dengan pajak yang lebih tinggi.

Hal ini justru memberikan peluang usaha bagi masyarakat kreatif yang menjual kantong plastik bekas. Kantong-kantong plastik bekas tersebut bahkan dijual di situs eBay mulai dari 0,99 sampai 1.000 Poundsterling atau sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 21 juta.

Pemerintah Inggris mengharapakn program ini dapat mengurangi penggunaan tas plastik hingga 80 persen. Selain itu diharapkan biaya penggunaan plastik ini dapat dijadikan tabungan untuk anggaran kebersihan.
Jika hal ini di berlakukan di negara kita, apakah anda rela?? Tas plastik senilai Honda Sonic 150 dan Suzuki Satria F 150 baru.